Laman

Sabtu, 27 Oktober 2012

Memaknai Sumpah Pemuda, Jangan Sampai Anak Muda Berkata "“Trus Gue Harus Bilang Wow Gitu”



Oleh :
Yopi Eka Anroni
(Mahasiswa Pascasarjana Universitas Trisakti)


Peringatan sumpah Pemuda tahun ini jangan sampai sebatas peringatan saja, tapi jangan juga anak muda mengomentari hari sumpah pemuda dengan ucapan “Trus Gue Harus Bilang Wow Gitu”

Karena sumpah pemuda bukan hanya berkumpulnya sekelompok Pemuda pada 28 oktober 1928 yang lalu, melainkan sebuah Gerakan Politik yang tidak mendikotomikan Usia, asal, dan Latar Belakang.

Semangad Sumpah Pemuda yang mengaskan bahwa persoalan kebhinekaan merupakan harga mati yang harus diperjuangkan semua warga Indonesia. Tentu saja dimulai dari para Pemuda-Pemudi yang merupakan Penggerak Roda Bangsa. 

Pada saat ini Warga indonesia tengah berada dalam Krisis sejarah yang hanya mengenal Momentum Sumpah pemuda, tetapi tidak mengetahui arti dan cerita dibaliknya. Contohnya saja, waktu menyanyikan lagi Indonesia Raya, banyak yang menyepelekan dan menganggap remeh, mengobrol atau cengengesan. Ini sederhana, bagaimana kita menghargai salah satu simbol negara.

Nasionalisme bisa dibangun dan dimulai dari mana saja, meskipun banyak orang meremehkan kaum muda, kita harus optimis bahwa kelangsungan dan Perjuangan negara bisa dilanjutkan oleh Tokoh Muda.

Memang ada beberapa oknum dari kalangan muda yang menjadi makelar politik, tetapi masih banyak dari kalangan muda yang ingin memajukan negara ini, memperjuangkan ide dan Gagasan sehingga tercapainya satu Kesatuan yaitu Negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar